Rabu, 12 Desember 2018

Analisis Perancangan Sistem Informasi


Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas Evalusi Akhir Semester pada mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
Anggota:
     Davin Masasih    05111540000113
     Rifka Annisa       05111640000036


Alfamart adalah jaringan toko swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Gerai ini umumnya menjual berbagai produk makanan, minuman, dan barang kebutuhan hidup lainnya. Lebih dari 200 jenis produk tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Alfamart saat ini merupakan salah satu yang terdepan dalam usaha ritel, dengan melayani lebih dari 2,1 juta pelangana setiap harinya di hampir 6.000 gerai yang tersebar di Indonesia dengan jumlah lebih dari 100.000 karyawan.

Terdapat bank transaksi penjualan dalam sehari di Alfamart. Hal itu tentu menyebabkan karyawan tidak dapat mencatat transaksi dengan cepat. Pemanfaatan teknologi yang kurang, karena masih menggunakan sistem manual membuat resiko salah catat menjadi sangat besar. Selain teknik pengarsipan yang kurang baik, dokumen penjualan tidak memiliki dokumen rangkap sehingga dokumen mudah hilang karena penyimpanan yang kurang baik. Dengan adanya hal seperti itu, maka informasi yang dihasilkan menjadi kurang akurat.

Untuk itu Alfamart membutuhkan aplikasi sistem informasi yang bisa memberi solusi terhadap problem yang ada sehingga dapat memperlancar kegiatan manajemen perusahaan dengan informasi akuntansi yang cepat dan akurat.

Kami menawarkan sistem informasi Si-ALFA untuk memudahkan pengguna dalam memanajemen transaksi yang dilakukan.




Kelengkapan :

a. Software Requirements Specification
b. Use Case Specification
c. Dokumen Analisis Desain


Software Requirements Specification

Software Requirements Specification (SRS) adalah dokumen yang menjelaskan tentang berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu software. dokumen ini dibuat oleh developer (pembuat software) setelah menggali informasi dari calon pemakai software.

Proses persyaratan biasanya terdiri dari tiga tugas dasar yaitu:
a. Masalah atau analisa kebutuhan
b. Persyaratan spesifikasi
c. Validasi kebutuhan

Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam pembuatan SRS adalah:
a. Untuk siapa perangkat lunak dikembangkan
b. Masalah apa yang akan diselesaikan dengan kehadiran perangkat lunak yang baru
c. Dimana perangkat lunak akan diimplementasikan
d. Kapan perangkat lunak yang baru sudah harus dijalankan





Use Case Spesification

Use Case Spesification adalah penjabaran alur kerja atau step-step setiap use case melalui skenario. Dokumen ini dapat dibuat setelah mengetahui fungsionalitas masing-masing use case. Setiap 1 use case pada Use Case Diagram dapat dibuatkan 1 spesifikasi use case.

Use Case Specification Menambah User



Use Case Specification Menambah Data Barang



Use Case Specification Menambah Data Agen (Supplier)



Use Case Specification Menambah Data Transaksi Pembelian (Restock)



Use Case Specification Menambah Data Transaksi Penjualan



Use Case Specification Mendata Pemasukan Barang



Use Case Specification Mendata Kondisi Barang




Use Case Specification Melihat Record Data





Dokumen Analisis Desain

Dokumen Analisis Desain merupakan dokumen yang memuat penggambaran dari desain yang dibutuhkan pada perancangan sistem informasi.

Desain yang dimaksud diantaranya :
a. Desain Input
b. Desain Output
c. Desain Proses
d. Desain Database


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Implementasi Aplikasi Manajemen Surat